Sejarah Singkat


Kecamatan Rambah Hilir dibentuk berdasarkan peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 33 Tahun 1995 Tanggal 04 September 1995 tentang pembentukan 13 ( Tiga belas) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis,Indra Giri Hilir,Indra Giri Hulu, dan Kampar, dalam wilayah Propinsi Daerah Tingkat I Riau yang tertuang dalam Pasal 13 Ayat 1 yaitu: membentuk Kecamatan Rambah Hilir diwilayah Kabupaten Tingkat II Kampar yang meliputi wilayah, Desa Rambah Hilir,Desa Rambah Hilir Tengah, Desa Rambah Hilir Timur, Desa Pasir Utama, Desa Pasir Jaya, Desa Rambah Muda, Desa Sungai Sitolang, Desa Lubuk Kerapat, Desa Rambah, Desa Serombau Indah, Desa Suangai Dua Indah, Desa Muara Musu dan Desa Sejati.

Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Nomor : 15 Tahun 2003 pembentukan Desa Muara Musu, Desa Muara Musu berasal dari sebagian wilayah Desa Rambah Hilir Tengah ( Desa Induk ) dan Desa Sejati berasal dari Desa Rambah Hilir, ( Desa Induk).

Sampai dengan tahun 2013 jumlah Desa diwilayah Kecamatan Rambah Hilir sebanyak 13 Desa, wilayah Desa setelah diberlakukan otonomi Dearah serta dikeluarkan Undang – undang Nomor 53 Tahun 1999 . tentang pebentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, kabupeten Siak,Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kota Batam sebagaimana telah diubah beberapa kali,terakhir dengan undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2008,tantang perubahan Ketiga atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 1999.

oleh Kabupaten – Kabupaten pemekaran ini berupaya melakukan pementukan – bembentukan kedalam yang salah satunya adalah secara bertahap melakukan pemekaran Wilayah Kecamatan dan Desa sesuai dengan kemampuan anggaran daerah masing-masing.

Kecamatan Rambah Hilir Tahun 2011-2016 pada dasarnya dibelatarbelakangi oleh keinginan untuk menjalankan amanat yang ditetapkan dalam pereturan perundang-undangan yang berlaku, serta untuk turut mendukung suksesnya pencapaian sasaran pembangunan daerah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2011-2016.untuk itu dalam rangka melaksanakan tugas sesuai fungsi yang dimiliki Kecamatan Rambah Hilir,maka disusunlah Rencana Strategis Kecamatan Rambah Hilir sebagai satuan bagian yang utuh dari manajemen kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.Rencana Strategis Kecamatan Rambah Hilir memuat gambaran kedaan yang inggin dicapai dalam melaksanakan tugas yang di formulasikan dalam bentuk pernyataan Visi,Misi hingga strategi yang akan dijalankan selama kurang 5 Tahun kedepan.

Kecamatan Rambah Hilir dirumuskan melalui tahapan yang bersifat konseptual sampai dengan bersifat teknis/kualitatif dalam rangka untuk menyesuaikan alur waktu masa berlakunya Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2011-2016.

Kecamatan Rambah Hilir diharapkan dapat dikomuniksikan kepada seluruh jajaran dan lembaga/dinas instansi yang berkaitan. Semangat kompetitif dan inovatifini dan penguasaan ilmu serta teknologi oleh seluruh aparat dijajaran Kecamatan Rambah Hilir perlu dibina dan dikembangkan sertadiberdayakan melalui penciptaan iklim kerja yang kondusif dan organisasi yang terus belajar.

Kabupaten Rokan Hulu seiring dengan perkembangannya guna peningkatan, efisiensi dan efektifitas pelayanan Pemerintah kepada masyrakat serta memperhatikan perkembangan masyarakat desa dalam Wilayah Kecamatan Rambah Hilir, dimekarkan dengan mengacu kepada peraturan daerah .

Demikan sejarah singkat Kecamatan Rambah Hilir kalau ada salah nama dan mohon maaf, sekian terima kasi.