Peresmian Kampung KB Oleh Plt. Bupati Rokan Hulu


 – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, telah menetapkan Dusun Ratu Agung, Desa Pasir Utama, Kecamatan Rambah Hilir, sebagai kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat Kabupaten Rohul. Keberadaan kampung KB ini diharapkan dapat menjadi contoh, bagi desa lain yang ada di Rohul dalam mensukseskan program dua anak cukup keluarga sejahtera.

Penetapan Dusun Ratu Agung, Desa Pasir Utama, Kecamatan Rambah Hilir, ini sebagai kampung KB ditandai dengan penandatangan prasasti Kampung KB, yang dilakukan langsung Plt Bupati Rohul, H Sukiman pada puncak pencanangan TNI KB-KES tingkat Provinsi Riau yang digelar, Senin (18/7/2016) di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir.

Berdasarkan informasi Riauposting.com tidak Hanya itu, Plt Bupati Bersama Dandrem Brigjen TNI Nuradi Msi dan Kepala BKKBN Surya Candra Surapati menyempatkan diri untuk meninjau langsung ke Kampung KB dan juga meresmikan Kelompok Bina Balita (BKB) kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR), Kelompok Usaha Penangkatanan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPKKS) dan  Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) di dusun Ratu Agung, Desa Pasir Utama.

Plt Bupati Rohul H Sukiman dalam sambutannya mengatakan, Kampung KB merupakan contoh pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana dengan melibatkan seluruh bidang yang ada di lingkungan BKKBN dan bekerjasama dengan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat, serta dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah (rw/rt).

“ Kita harapkan dengan keberadaan Kampung KB ini dapat menjadi contoh kepada desa lainya dalam mensukseskan Program KB Di Kabupaten Rokan Hulu,” tutur Sukiman.

Selanjutnya, Kepala BKKBN Pusat Surya Candra Surapati mengatakan, kampung KB dibentuk sebagai salah satu upaya penguatan program KB yang dikelola dengan sistem pemberdayaan. Tidak hanya itu kampung KB merupakan imlementasi dari program nawacita presiden jokowidodo untuk membangun indonesia, dari pinggiran dengan memperkuat pedesaan.

“ Dengan keberadaan kampung KB ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB, sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas,” jelasnya.(adv/hms)