LOMBA CIPTA MENU,RAMBAH HILIR JUARA


Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) - PltBupati Rokan Hulu H Sukiman secara resmi membuka lomba cipta menu (LCM) Beragam Bergizi dan Aman (B2SA) Berbasis Sumberdaya Lokal tingkat Kabupaten Rokan Hulu, di Gedung Wanita Pasir Pengaraian, Selasa (9/8/2016). Setelah melalui penilaian yang selektif oleh dewan juri, PKK Kecamatan Rambah Hilir keluar sebagai Juara 1 dengan jumlah nilai 77.77, setelah mengalahkan 13 peserta lainnya.

Acara lomba cipta Menu B2SA yang ditaja Badan Ketahanan Pangan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Rohul bekerjasama dengan  Tim Pengerak (TP) PKK Rohul, yang diikuti 16 perwakilan kecamatan, para tenaga penyuluh, Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Rohul. Terlihat hadir Wakil Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman yang juga Ketua GOW Rohul, Kepala BKP3 Rohul Ir M Ruslan MSi, para kepala dinas, badan, kantor, Camat di lingkungan Pemkab Rohul serta  tim juri.

Usai membuka secara resmi LCM B2SA Berbasis Sumberdaya Lokal, Plt Bupati bersama Wakil Ketua TP PKK Rohul meninjau dan mencicipi satu persatu kreasi menu makanan, minuman yang ditampilkan oleh Tim Penggerak PKK di 16 kecamatan se Rohul.

Plt Bupati Rohul H Sukiman menyambut baik dilaksanakannya kegiatan LCM B2SA Berbasis Sumberdaya Lokal tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang sangat meriah dan penuh antusias dari para ibuk-buk Tim Penggerak PKK Rohul.

Dia mengharapkan, usai dari pelaksanaan LCM B2SA ini, para Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Desa dan Lurah, Tanaga Penyuluh se Rohul untuk dapat mensosialisasikan menu B2SA berbasis sumber daya lokal yang ditampikan kepada masyarakat di wilayahnya dan dilingkugan keluarga.

Wabup Rohul itu mengatakan, kreasi menu makanan yang ditampilkan pada LCM B2SA, disosialiasikan ke masyarakat, baik melalui Posyandu maupun penyuluh.Karena makanan non beras yang ditampilkan, memiliki berbagai kreasi, motivasi maupun ketekunan dari para ibuk PKK.

‘’ Hasil lomba cipta menu ini kita masyarakatkan dan menjadi kulinernya Rokan Hulu. Inilah menu yang beragam, bergizi dan berimbang.Produk lokal yang dihasilkan dari lomba cipta menu, menggunakan bahan makanan minuma yang murah, miliki gizi tinggi dan aman untuk di konsumsi masyarakat,’’jelasnya.

Sukiman meminta, bahan baku dari lomba cipta menu B2SA ini, diharapkan tidak berasal dari luar daerah.Dalam artian bahan bakunya dari hasil pertanian lokal yang ada di kecamatan.’’Jadi kedepan bahan baku untuk membuat menu kreasi makanan dan minuman tidak dibeli atau yang dipasok dari luar daerah.Tapi bahan bakunya ditanam oleh masyarakat atau petani kita di pedesaan.’’tuturnya

Kepala BKPP Rohul Ir M Ruslan MSi menyebutkan, kreatifitas pelaksanaan lomba cipta menu B2SA berbasis sumber daya lokal terus berkembang. Ini merupakan kegiatan rutin tahunan.

Yang dinilai dalam LCM B2SA oleh tim juri, terutama dari segi kesehatan, kreasi menu yang ditampilkan dan mempunyai asupan gizi dan aman untuk dikomsumsi yang diolah dari makanan non beras.

Bagi peserta LCM B2SA tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang meraih Juara, nantinya akan diutus untuk mengikuti LCM B2SA tingkat Provinsi Riau.Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya seluruh perwakilan yang ikut lomba, bisa membuat kereasi dan cipta menu B2SA berbasis sumber daya lokal yang bergizi, aman untuk dikomsumsi.’’tuturnya.

Untuk pemenang lomba B2SA tersebut, Juara 1 diraih oleh PKK Kecamatan Rambah Hilir, Juara II Kecamatan Ujung Batu, Juara III Kecamatan Rambah, Harapan I Kecamatan Kepenuhan Hulu dan Harapan II diraih oleh Kecamatan Kepenuhan. (Adv/Humas)