ANGIN PUTING BELIUNG TERJANG PASAR MUARA RUMBAI


Rambah Hilir - Paska terjadinya angin putting beliung yang telah merusak puluhan unit rumah, 5 los Pasar, Masjid serta satu unit Pos Yandu di Dusun Muara Rumbai Desa Rambah Hilir Kecamatan Rambah Hilir, 40 kepala keluarga (KK) yang mengalami kerugian materi dari musibah alam tersebut direspon langsung serta mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Rohul.

Bencana angin puting beliung yang merusak puluhan bangunan rumah yang berada di Komplek Pasar muara Rumbai yang terjadi Ahad, (26/7/2015) pukul 17.30 Wib tersebut, tidak ada korban jiwa.Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad MSi, Senin (27/7/2015) siang menyempatkan diri meninjau korban yang rumahnya terkena angin puting beliung. Orang nomor satu Rohul itu mengatakan dirinya prihatin terhadap warganya yang terkena musibah alam.

Selain berdialog dengan warga tentang terjadinya peristiwa angin kencang yang disertai hujan deras, Ahad (26/7/2015). Bupati dua periode tersebut  menyerahkan sejumlah bantuan yang diperlukan korban angin puting beliung secara simbolis kepada 40 kepala keluar yang rumah dan los pasar yang rusak.Dia menyebutkan, 40 unit rumah yang terbuat dari kayu yang diterjang angin putting beliung rata-rata mengalami rusak ringan dan rusak sedang.Kondisi rumah yang dijadikan tempat usaha, atap dan kanopi rumah mengalami rusak.

Sementara, 5 unit Los Pasar, diantaranya tiga los Pasar mengalami hancur total rata dengan tanah, sedangkan dua los pasar mengalami rusak ringan.Selain Qubah Masjid Syukur Desa Rambah Hilir rusak disapu angin kencang, juga Pos Yandu Anggrek Putih mengalami rusak sedang.

Bupati menyebutkan bantuan yang diberikan secara simbolis berupa peralatan dapur, makanan siap saji, famili kids (kebutuhan keluarga). Selain BPBD Rohul menyiapkan dapur umum untuk menyiapkan makanan untuk warga yang terkena musibah alam juga memberikan makanan siap saji serta tenda pengungsian.Begitu juga Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Rohul menyerahkan bantuan berupa famili kids (kebutuhan pakaian anak dan bayi sebanyak 40 set, peralatan dapur, selimut 40 buah, matras 40 buah dan sarden 160 kaleng.